Kamis, 10 Maret 2016

PENGERTIAN STATISTIKA SEBAGAI ILMU KOMUNIKASI

* Pengertian statistika 

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. 

Pengertian statistika deskriptif adalah statistika yang meliputi kegiatan-kegiatan pengumpulan, penyajian, penyederhanaan atau penganalisisan, dan penentuan ukuran-ukuran khusus dari suatu data tanpa penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengertian statistika inferensi adalah ilmu mengenai penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan tentang makna statistik yang telah dihitung.

Pengertian statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

KEGUNAAN STATISTIK
Dalam perkembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini, bahwa ilmu statistika telah mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Hampir semua kebijakan publik dan keputusan-keputusan yang diambil oleh para pakar pendidikan atau para eksekutif(dalam ruang lingkup ilmu mereka) didasarkan dengan metode statistika serta hasil analisis dan interpretasi data, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Selanjutnya statistika dapat digunakan sebagai alat:

 1. Komunikasi, yaitu sebagai penghubung beberapa pihak yang menghsilkan data statistik atau berupa analisis statistis sehingga beberapa pihak tersebut akan dapat mengambil keputusan melalui informasi tersebut.

2. Deskripsi, yaitu penyajian data dan mengilustrasikan data, misalnya mengukur hasil produksi, laporan hasil liputan berita, indeks harga konsumen, lapora keuangan, tingkat inflasi, jumlah penduduk, hasil pendapatan dan pengeluaran negara, dan lain sebagainya.

3. Regresi, yaitu maramalkan pengaruh data yang satu dengan data yang lainnya dan untuk mengantisipasi gejala-gejala yang akan datang.

4. Korelasi, yaitu mencari kuatnya atau besarnya hubungan data dalam suatu penelitian.

5. Komparasi, yaitu membandingkan data dua kelompok atau lebih.



*Hubungan dengan ilmu komunikasi 

jadi dapat disimpulkan bahwa komunikasi harus memiliki sikap analisis untuk menemukan data. seorang statistika pun harus memiliki sikap sosial yang tinggi maka dari itu seorang komunikasi harus mempunyai hubungan yg erat juga terhadap ilmu statistika








daftar pustaka
http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-statistika-dan-statistik.html#
http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-statistika-dan-statistik.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar