Kamis, 27 April 2017

Ruang Lingkup Humas

       Humas atau yang dikenal dengan Public Relations (PR) dalam pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh praktisi humas saat ini. Berfungsi tidaknya Public Relations dalam sebuah organisasi menurut Efendy dalam bukunya Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunologis, dapat diketahui dari ada tidaknya kegiatan yang menunjukan ciri-cirinya yakni :
a. Public Relations adalah kegiatan komunikasi dalam suatu yang berlangsung dua arah secara timbal balik.
b. Public Relations merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi.
c. Publik yang menjadi sasaran kegiatan public relations adalah eksternal public dan internal public.
d. Operasionalisasi Pubic Relations adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik dan mencegah terjadinya rintangan psikologis baik yang timbul dari pihak organisasi maupun dari pihak publik. (1994:24)

     Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannya serta apa saja yang menjadi wewenangnya. Ruang lingkup humas meliputi hubungan publik internal (internal public relations) dan hubungan publik eksternal (external public relations).

   Ruang lingkup humas internal (internal public relations) adalah orang-orang yang merupakan bagian dari suatu instansi atau perusahaan tertentu, yang meliputi:
1. Employee Relations (Hubungan dengan para pekerja)
2. Stockholder Relations (Hubungan dengan para pemegang saham)
3. Labour Relations (Hubungan dengan para buruh)
4. Manager Relations (Hubungan dengan para manajer)
5. Human Relations (Hubungan sesama manusia)  

     Ruang lingkup humas eksternal (external public relations) yaitu mencakup tugas seorang humas dalam menjaga hubungan baik dengan pihak luar untuk menciptakan nama baik perusahaan atau instansi. Bentuk-bentuk hubungannya adalah sebagai berikut:
1. Press Relations
2. Government Relations
3. Community Relations
4. Customer Relations
5. Consumer Relations






Sumber :

Ahira, Anne. 2014. Memahami Ruang Lingkup Humas (tersedia: http://www.anneahira.com/ruang-lingkup-humas.htm)
Maruli. 2015. Pengertian Dan Ruang Lingkup Public Relations Menurut Ahli (tersedia: http://globallavebookx.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-dan-ruang-lingkup-public.html)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar