Kamis, 08 Juni 2017

FORD MUSTANG NEW RELEASE



Ford Mustang memulai debutnya pada tanggal 17 April 1964. Saat itu, Ford Motor Company meluncurkan compact sport coupe di New York World's Fair. Dengan kap mesin yang panjang, buritan yang pendek, dan konsep marketing berjiwa muda, Mustang hadir untuk menarik hati 'baby-boomers'. Ford Mustang 1965 (biasanya disebutkan sebagai 1964 ½), menciptakan kelas Pony car dan menginsprasi banyak pengekor.

Mustang generasi pertama menggunakan chassis, suspensi, dan penggerak, yang diturunkan dari Ford Falcon dan Fairlane untuk memangkas biaya. Mustang tersedia dalam pilihan atap terbuka, dan atap tertutup. Coupe ini tersedia dalam lima pilihan mesin, yakni mesin enam silinder 2,8 liter bertenaga 105 hp, hingga 'K-code', berkapasitas 4,7 liter V8 bertenaga 271 hp.

Muaranya jelas. Ford berhasil meniagakan 126.538 Mustang tahun itu. Model bermesin V8 mengalahkan mesin enam silinder dengan perbadingan tiga berbanding satu. Hanya butuh 18 bulan saja untuk mencapai angka produksi satu juta.

Pada tahun 1965, Ford memperkenalkan model 2+2 fastback. Tahun ini juga menandai kehadiran Shelby Mustang GT350 dengan versi tuning bertenaga mulai 271 hp hingga 306 hp. Hanya tersedia di model fastback, model ini dibalut warna putih dengan aksen blue rocker stripes. Tercatat 562 unit terjual tahun itu.

Tahun 1969 hingga 1973, para pakar memproklamirkan Mustang telah menjadi 'gendut' dan 'malas'. Mustang tahun 1973 saat itu lebih panjang 8,5inci, lebih lebar 6 inci, dan lebih berat 270 kg dari model perdana. Lee Iacocca mengatakan: “Mustang tidak pernah ditinggalkan pasar, kami justru yang meninggalkan pasar.”

Mustang II tiba tahun 1974. Berbasis Ford Pinto, Iacocca ingin mobil ini diselesaikan dengan standar yang tnggi. Entah bagaimana, hasilnya malah mobil yang lebih kecil, lebih berat, lebih lambat dan hanya hadir dalam pilihan mesin empat dan enam silinder.

Mesin V8 4,9 liter tiba pada tahun 1975, tapi hanya bertenaga 140 hp, dan gagal menangkap semua kesenangan yang disajikan pendahulunya. Terlepas dari semua ini, model tersebut terjual cukup baik -Ford menjual lebih dari satu juta Mustang II sepanjang empat tahun, dengan kampanye “mobil yang tepat pada masa yang tepat'. Gambaran akan melonjaknya harga minyak dan ketidakjelasan masa depan akibat resesi ekonomis masa itu.

Empat tahun kemudian, dan generasi ketiga diluncurkan. Diproduksi hingga 1993, dan berbasis Ford Fox, model ini dikembangkan dalam banyak kombinasi pilihan trim dan drivetrain. Model GT tba pada tahun 1982 dan setelah absen selama 12 tahun, model atap terbuka (convertible) tiba setahun kemudian.

Pada pertengahan tahun 1980, penjualan Mustang melorot Ford mengira Mustang tidak lagi diinati oleh konsumen dan mereka ingin menggantinya dengan varian Mazda MX-6 berpenggerak roda depan. Fans Mustang marah dan mengirimkan ribuan surat 'makian' ke Ford. Mereka kemudian membatalkan ide tersebut dan memberikan kesempatan kepada Mustang sekali lagi. Model berpenggerak roda depan itu kemudian dinamakan Probe.

Tidak seperti dekade sebelumnya, Ford tahu mereka harus mempertahankan Mustang. Pada musim semi tahun 1993, hadir desain terbaru yang menyerap aksen desain dari Mustang terdahulu. Hanya ada dua pilihan bodi yang ditawarkan; coupe dua pintu dengan atap semi-fastback, dan pilihan convertible.

Mustang terbaru ini sangat diminati, tapi tidak menginspirasi. Dijual ke pasar yang lebih ter-saturasi ketimbang tahun 1965, Ford ,menjual 123.198 model sepanjang tahun 1994. Pada tahun 1996 versi modifikasi berat SVT Cobra hadir bermesin aluminium, 32-valve 4.6-litre V8 bertenaga 305 hp, menjadikannya Mustang V8 paling bertenaga sejak Boss 351 pada tahun 1971.

Ajang North American International Auto Show 2004 menjadi saksi hadirnya generasi kelima Mustang. Diberi sandi S-197, desain Mustang terbaru ini membawa romansa model fastback Mustang pada akhir 1960. Gaya semacam ini dideskripsikan sebagai “retro-futurism”.

Tiga tahun kemudian Special Vehicle Team Ford melepaskan Shelby GT500 penerus Mustang SVT Cobra (2003). Shelby GT500 tetap mempertahankan suspensi live-rear axle suspension yang ada di V6 and GT, namun membenamkan mesin V8 5,4 liter supercharger bertenaga 500 hp di balik grille berlambang cobra miliknya.

Shelby GT500 tahun 2013, adalah versi terliar Mustang saat ini. Memakai mesin V8, berkapasitas 5,8 liter dilengkapi supercharger bertenaga 662 hp, mobil ini mampu berakselerasi 0-100 k/jam dalam 3,5 detik dan mampu mencapai kecepatan 224 km/jam pada gigi tiga! Yup. Inilah Mustang paling bertenaga dan paling kencang hingga saat ini.

Gosipnya, Ford Mustang 2015 akan memakai mesin empat silinder 2,3 liter dan memakai suspensi belakang independen untuk pertama kalinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar